Windyna’s Blog

‘Death’

Posted on: July 2, 2009

Kematian adalah pasti dan telah ditentukan waktunya, semua yang bernyawa cepat atau lambat pasti merasakan mati tak ada yang abadi di dunia, tidak ada yang tahu kapan dan dimana tempatnya dan bagaimana cara matinya, datangnya tiba-tiba tanpa diduga ada yang tadinya sehat-sehat saja beberapa menit kemudian alamnya sudah lain, banyak orang dengan berbagai profesi telah mendahului kita berpulang kepangkuan Illahi, dan sangat banyak yang akan menyusul termasuk kita semua, tapi kita berharap dipanggil oleh Allah swt dalam keadaan khusnul khotimah. Amin!

 Ada beberapa artis Indonesia tempo doeloe yang pernah diberitakan didalam majalah Aktuil dan sebagian ada yang jadi foto cover dari majalah tersebut sampai saat ini saya belum mendapatkan berita keberadaan mereka baik dari media massa maupun dari orang-orang. Dimanakah mereka? apa kegiatannya? apakah masih hidup atau sudah meninggal dunia? dan kalau sudah kapan meninggalnya? Artis-artis tersebut diantaranya sbb :  

 Suzan Tolani, Ruth Pelupessy, Mila Karmila, Wiwiek Abidin, Lily Junaedi, Riana Anomsari, Ivonne Susan, Ellya Agus, Chitra Dewi, Tuty Subardjo, Norma Sanger, Sandra Sanger, Inneke Kusumawati, Ervina, Ita Sitompul, Tuty Kirana, Dara Puspita (Susy Nander, Lies & Titiek AR), Christine, Ira Puspita, Nanin Sudiar, Patti Sister, Dewi Puspa, Nourma Yuanita, Anita Tourisia, Maya Sopha, Yatni Ardi, Indriasari, Anie Arifin, Cempaka Blanco, The Singers ( Shinta Dungga, Neneng Salmiah, Uun Sarbini, Tuti Thaher), Laily Dimyati, Arie Koesmiran, Sitompul Sister, Yudith Manoppo, Djatu Parmawati, Wiwiek Sumbogo, Julia Yasmin, Margaretha Gerungan, Irma Hardy, Emi Husein, Emmy Salim, Diah Iskandar, Alice Iskak, Nydia Sister, Herlina Efendi, Pretty Sister, Ivo Nilakresna, Zainal Arifin (Zaenal Combo), Nuskan Syarief, Yan Bastian, Bachtiar (Rawa Rontek), Kiboud Maulana, S.Warno, Ronny Joes, Jan Salakory, Erwin Harahap (Mercy’s), Yessy Robot, Moteh Mokoginta (Disc),  group Equator Child (Atauw, Jimmy Wemay), Iwan Setiawan (Electrica), personil group Rasela, personil group Rhapsodia, Usman Bros, personil group Rithym Kings, personil group Ivo’s, personil group D’Lloyd, personil group Yeah Yeah Boy dll.

 Juga keberadaan ibu Farida Siagian yang pernah menjadi penyiar Radio Malaysia siaran bahasa Indonesia yang sering membawakan acara tangga lagu-lagu terbaru era British Invasion kegemaran saya setiap Sabtu dan Minggu di tahun 1967- 1968 ketika saya masih berusia 14 tahun dan menjadi pendengar setianya, selain suaranya yang enak ibu Farida juga pandai membawakan acara tersebut, memberi saya hiburan dan informasi yang menyenangkan tentang musik, saya salah satu fans nya.

Apabila beda usia saya dengan ibu Farida kira-kira 5-7 tahun berarti beliau sekarang sudah berumur sekitar 61-63 tahun jika masih hidup, sekitar awal tahun 1980 saya pernah melihat beliau jadi penyiar TVRI tapi hanya sebentar.

 Adakah pembaca yang bisa memberikan informasi tentang keberadaan ibu Farida ? Seandainya beliau masih hidup saya punya keinginan untuk mengunjunginya jika saya tahu alamatnya dan tinggalnya tidak  terlalu jauh dari Jakarta.

 Belum ada situs yang mendata alamat, tanggal lahir dan meninggal serta biography singkat artis/selebriti Indonesia seperti situs  www.thedeadrockstarsclub.com dan juga belum ada satu majalah pun yang mempunyai sedikit kolom tentang ’now and then’ artis/selebriti Indonesia tempo doeloe yang pernah populer.

  Seandainya mereka masih hidup kita ucapkan semoga berbahagia dan sehat-sehat saja dan bagi yang telah tiada semoga mandapat tempat yang layak disisiNya.No. 254-aNo. 180-a

 

 

 

 

 

 

 

Adapun artis Indonesia dan asing yang telah wafat dan pernah jadi foto cover majalah Aktuil adalah : Franz Daromez, Paula Rumokoy, Benyamin, Fuad, Soman Lubis, Iwan (Rolies), Bonny (Rollies), Delly (Rollies), Gito (Rollies), Deddy Stanzah (Rollies), Chrisye, Tony Koeswoyo, Broery, Farouk Afero, Harry Rusly, Tanty Yosepha, Dien Novita, Marc Bolan, Freddy Mercury, Maurice Gibb, Mariska Veres.(beberapa cover akan ditampilkan).No. 120-aNo. 74-a

 

 

 

 

 

 

 

Banyak artis-artis Indonesia dan asing yang telah tiada belum lama ini musisi Mel Galley (lead guitarist Trapeze) dan Colin Cooper (sax, vocalist Climax Chicago).

 Saya ucapkan terima kasih kepada pembaca yang bisa memberikan informasi tentang keberadaan artis-artis tersebut diatas.

 Dengan selesainya artikel ini berarti selesai pula tulisan saya tentang majalah Aktuil, bagaimana saya pertama kali berkenalan dan menjadi salah seorang pembacanya sampai berakhirnya majalah ini.

Telah saya gambarkan bagaimana suatu majalah yang bertahan sekian lama bisa berpengaruh macam-macam terhadap pembacanya seperti saya dan telah di bahas pula beberapa isi majalah ini yang telah menarik perhatian saya disamping rubrik-rubriknya seperti karikatur-karikatur, foto-foto, lirik-lirik, ilustrasi-ilustrasi, iklan-iklan dan nama kreatornya yang mungkin luput dari perhatian orang selama ini, kita ucapkan terima kasih atas karya dan kreatifitas mereka yang telah membuat banyak orang terhibur selama sekian tahun eksistensi majalah Aktuil ini (seperti bpk.ManHs bilang majalah ini juga bisa digolongkan juga sebagai majalah lifestyle karena rubrik-rubriknya yang bermacam-macam itu).

 Ada beberapa cover majalah Aktuil, karikatur, foto dan iklan yang saya tampilkan ditulisan tapi hanya semata-mata untuk mendukung tulisan-tulisan yang saya buat tersebut.

Juga ada 20 cover Aktuil yang di pajang diblog  saya yang lain di www.rateyourmusic/~Eddy_Nasral situs yang cukup ramai pengunjungnya tapi ini juga supaya dilihat oleh orang-orang asing yang mengaksesnya bahwa di Indonesia juga ada majalah musik yang terkenal di era 70 an seperti di negara-negara lain ada muziek ekspress, pop foto, creem, circus, crawdaddy, bravo dll.

Judul dan di dalam artikel saya menggunakan beberapa kata-kata asing hanya sebagai bumbu-bumbu tulisan saja, bukan untuk gagah-gagahan. Kadang-kadang orang jadi ingin tahu apa sih maksudnya judul tersebut? dan berminat untuk membacanya walau pun saya rasa tulisan-tulisan tersebut masih banyak terdapat kekurangannya.

 Artikel-artikel atau reportase-reportase yang ada di beberapa majalah Aktuil yang masih saya miliki tidak akan saya copy-paste untuk ditampilkan di blog saya ini karena hak ciptanya ada dipenulisnya, di redaksi Aktuil atau pada bpk.Man Hs yang mungkin akan di masukkan di website .com dan bisa dibaca lagi nanti bagi yang sudah lupa cerita-ceritanya nya atau bagi yang belum pernah membacanya samasekali yang ingin tahu apa saja isi majalah yang pernah ‘menyita perhatian’ banyak orang ini.

 30 tahun setelah majalah Aktuil berakhir (saya tidak menyebutnya ‘death’ karena ada kemungkinan bisa lahir lagi) belum pernah saya melihat satupun majalah musik lokal (bukan franchise) yang punya reputasi dan pengaruh seperti majalah ini.

Banyak majalah (franchise) dengan bermacam-macam judul tampil memikat saat ini didukung oleh teknologi photography, graphic design dan teknik cetak yang canggih, berita-berita apapun cepat dan mudah diperoleh, siapa yang ingin bikin majalah musik/lifestyle lokal yang bisa sepopuler Aktuil ?. (Eddy Nasral)ed30

9 Responses to "‘Death’"

Kalau Usman (Usbros) ada di Jakarta. Malah pernah bertamu ke rumah saya. Arie Kusmiran ada di facebook, juga Eddy Rajab Yeah Yeah Boys. Anie Arifin masih ada juga di Jakarta, beliau adalah kakak iparnya Donny Hardono (Audiensi). Pretty dari Pretty Sisters ada yang bilang di Jatibening.

Terima kasih informasinya pak Hengki, karena selama ini saya blm pernah dpt berita tentang mereka dari media massa. Untuk mengenang artis2 tempo dulu, alangkah baik nya kalau ada buku atau majalah yang mengulas riwayat singkat mereka ‘now and then’ baik yang masih hidup maupun yang telah tiada. Mungkin pak Hengki bisa bikin buku semacam itu karena pernah jadi reporter dan banyak kenal dg para artis, siapa tau buku tsb bisa jadi best seller juga.

Penerbit Republika menerbitkan buku yang berjudul MUSISIKU jilid satu dan dua……….. yang berisi musisi musi dan penyanyi di Jaman 60-an dan 70-an.

makasih info nya…

to : Eddy Nasral

Sumpah Canggih bgt pa Eddy….
klo seumpamanya mau buat majalah yg ngebahas artis jaman dulu…
Saya siap jadi orang pertama yang Berpartisipasi…
(ditunggu kabarnya)

Hallo Dimaz,
kalo nanti sy dengar ada yg berniat bikin mag tsb nanti sy kasi info…thanks atas atensi nya.

Dear Bapak2 sekalian,

Gimana kelanjutan planning nya, saya yang muda2 juga menunggu ide luar biasanya …..

Saya putri dari Moteh Mokoginta. Papa belum lama meninggal dunia, tepatnya 21 Desember 2012 lalu. Papa mendadak serangan jantung sesaat sebelum naik panggung di acara KSAU di bilangan Cilangkap. Semasa hidup Papa tidak pernah meninggalkan dunia panggung. Alhamdulillah Band Grasshoppers yang beliau bentuk dari kira2 tahun 96-an masih tetap berjalan sampai sekarang meski kerap berganti formasi.

Halo Nina,
Mohon maaf baru balas,jarang buka blog. Insyallah alm papa Nina diberi tempat terbaik disisi Allah dan ketabahan pd keluarga yg ditinggal kan. Amin ya Rabb…Ya Alm adalah teman FB saya dan sy pernah berkomunikasi dg beliau beberapa kali di FB. Sy juga tahu beliau meninggal melalui FB. Sy pertama kali melihat beliau main musik awal tahun 70an bersama The Disc di Lap Banteng Jkt, waktu itu beliau membawakan lagu fave sy ‘You don’t love me’ oleh Super Session.
Sukses buat Nina…
Salam,
Eddy Nasral

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: