Windyna’s Blog

Indonesia’s Best Music Magazine in The 70’s”

Posted on: February 9, 2009

Bermula dari hobi mendengarkan lagu-lagu Indonesia dan barat dari siaran radio semasa di SMP I Padang tahun 1966-1968, terutama tangga lagu-lagu barat terbaru di Inggris (era British Invasion) yang disiarkan BBC, ABC dan juga radio Malaysia siaran berbahasa Indonesia pada setiap hari Sabtu dan Minggu yang biasa dibawakan oleh penyiar Indonesia, Farida Siagian.
Selain mendengarkan lagu-lagu hits tersebut juga dinformasikan judul lagu dan artis/group yang membawakannya, tapi itu saja belum cukup karena ingin tahu juga biographi, diskograpi dan foto-foto dari artist/group tersebut.

Sewaktu berada di toko buku pada tahun 1967, diantara buku-buku terpampang satu majalah musik mungil bernama ‘Aktuil’ (rupanya diedarkan juga sampai ke Sumatra), melihat-lihat isinya ternyata ada juga daftar tangga lagu-lagu terbaru, foto dan berita singkat artist/group yang sedang populer saat itu, juga dimuat teks lagu-lagu terbaru dikolom Hit Aktuil dan International Hitparade termasuk lagu-lagu pop Indonesia disamping artikel-artikel lain seperti review film, Close-Up, Humor Aktuil , MKTC (Mari Kita Tanya Computer), Antara Timur dan Barat dengan karikatur-karikatur lucu dengan ilustrasi dekoratif yang bermutu dari Gondewa 66.

Pada saat inilah perkenalan pertama saya dengan majalah musik ‘Aktuil’, yang langsung menjadi majalah favorit saya, walau tidak berlangganan tapi rutin membelinya, selalu menunggu-nunggu kapan ‘Aktuil’ terbit, takut kehabisan karena mungkin dikirim kedaerah-daerah hanya dalam jumlah yang terbatas.
Dalam waktu yang singkat/beberapa kali penerbitan saja, majalah ‘Aktuil’ sudah populer terutama dikalangan remaja-remaja saat itu dan ‘Aktuil’ segera membuka agen-agen penjualannya dikota-kota besar Indonesia juga mendirikan AFC (Aktuil Fans Club) karena sudah sangat banyaknya Aktuilers, hanya ‘Aktuil’ majalah yang punya fans club. Fenomena majalah ‘Aktuil’ di Indonesia bisa diibaratkan seperti The Beatles dalam dunia musik ada Beatlemania dan fans clubnya.

Awal tahun 1970, tahun dimulai hiruk pikuknya blantika musik (istilah ‘Aktuil’ untuk musik showbiz) termasuk di Indonesia dengan bermacam-macam jenis/aliran musik terutama musik rock dimana banyak muncul group/artis musik dengan ciri khas sound nya masing-masing dengan musisi-musisi yang mempunyai skill luar biasa/virtuoso dan majalah ‘Aktuil’ pun tidak ketinggalan memuat reportase-reportase tentang group-group/artis dan para musisi ini dan tampil semakin bagus dalam segala hal, baik dalam bentuk penampilan nya yang semula format kecil sederhana menjadi format yang lebih besar, lay-out, cover dengan foto sebagian besar artis-artis Indonesia dan beberapa artis barat yang popular (sebagian besar masih ada/hidup saat ini) yang lebih meriah, cerah berwarna-warni dengan bermacam-macam font/jenis huruf ,tapi bukan font yang ada dikomputer sekarang.(lihat : 20 front cover terbaik di No. 172-awww.rateyourmusic.com/~Eddy_Nasral)

‘Aktuil’ semakin banyak penggemarnya karena semakin bagus dalam penyajian, walau tetap didominasi berita-berita musik isinya jadi lebih beragam, bermacam-macam seperti surat-surat, artikel-artikel, reportase show-show musik, wawancara langsung, Gallery, Karikatur/komidi, Close-Up, Indo Pop, Tips Aktuil (review piringan hitam yang baru beredar), Album Lagu2 Aktuil, Puisi-puisi, Cerpul, Cerpen, Cerber, Film & Music Scene, Fashion, Posters, Stickers, Gambar Seterika, dan lain-lainnya bahkan ‘Aktuil’ sempat memproduksi kaset musik. Reportase tentang group-group musik, ‘Top 20’ dan ‘Tips Aktuil’ juga menjadi acuan/panduan bagi kolektor kaset musik dan piringan hitam (kebetulan saya juga record collector).

Hampir semua group/artis dengan berbagai jenis aliran musik telah dibahas sejak majalah ‘Aktuil’ terbit mulai dari pop Indonesia, British Invasion, Psychedelic, semua jenis Rock (Pop, Soft, Folk, Glam, Hard, Blues, Jazz, Progressive, Kraut, Southern, Punk), New Wave sampai Heavy Metal disamping artikel-artikel lainnya.
Dibahas dengan gaya bahasa yang menarik, istilah-istilah yang dipakai juga macam-macam, lucu, seperti kata, kugiran (Malaysia) untuk sebutan group band, hade (Sunda), rancag/rancak (Minang) yang berarti bagus/cantik, dangduters (pengemar musik dangdut) dan musik hingar bingar, musik pekak/pekak telinga, musik cadas, musik batu karang (musik rock), musik logam berat (musik Heavy Metal) dll.

Tidak ada event musik yang tidak diliput bahkan ‘Aktuil’ sering jadi sponsor pesta musik/rock show seperti ‘Aktuil Vacancy Rock’ di Malang, ‘Novemberockonsert’ di Semarang, ‘Folk Song se Jawa’, ‘Ganesha’ di Bandung, Open Air Festival (semacam Woodstock) ‘Kemarau 75’ dan ‘Summer 28’ di Jakarta dll, dan atas usaha alm.Denny Sabri, mantan redaksi Aktuil sempat mendatangkan supergroup ”Deep Purple” untuk show di Indonesia pada tahun 1975.(saya sempat nonton).
Tidak dapat disangkal ‘Aktuil’ menjadi majalah musik/hiburan paling populer di seluruh Indonesia ditahun tujuh puluhan dan menjadi bacaan paling favorit terutama dikalangan para remaja diantara majalah-majalah lainnya.

Walau sedikit majalah-majalah musik untuk pembanding ataupun katakanlah hanya ada majalah ‘Aktuil’ saja waktu itu, sepantasnya kita menempatkan majalah ‘Aktuil’ sebagai “Indonesia’s Best Music Magazine in The Seventies” majalah musik Indonesia terbaik pada era tahun tujuh puluhan walau munculnya pada late sixties sampai late seventies (1967-1978) akan tetapi ‘The Golden Era’ majalah ‘Aktuil’ berada pada era early – mid seventies (1970-1975).

Dengan akan diterbitkannya buku Majalah Aktuil ini mudah-mudahan bagi siapa yang belum pernah membacanya atau cuma dengar nama ‘Aktuil’ saja, bisa menjadi bacaan yang menghibur dan menambah wawasan bagaimana kiprah artis/group dan situasi/peta musik baik di dalam maupun di luar negeri di era 70’s serta informasi-informasi lainnya dan bagi Aktuilers yang tidak sempat mengkoleksi majalah ‘Aktuil’ bisa sebagai bahan dokumentasi/koleksi mengingat-ingat kembali masa dulu. (Eddy Nasral)

5 Responses to "Indonesia’s Best Music Magazine in The 70’s”"

wah…jadul emang asik ya bos…www.daveplasenta.blogspot.com

memang asik karena era ini adalah ‘exciting years in music history’

Setuju, Aktuil majalah musik terbaik di Indonesia

Does Aktuil have a website?

Aktuil have no website this time…but we hope someday. Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: