Windyna’s Blog

‘Aktuil & Ads (part 2)’

Posted on: July 2, 2009

Beberapa hari lalu saya buka dan baca-baca lagi beberapa majalah Aktuil yang masih dimiliki, sesuatu hal yang menyenangkan dan menghibur juga melihat foto-foto dan membaca kisah-kisah dulu dan semua yang ada dimajalah tersebut, jumlah halaman majalah ini tidaklah begitu banyak kira-kira sekitar 50 halaman tapi kok puas membacanyanya mungkin karena isi nya bermacam-macam dan semuanya enak dibaca dan dilihat. Pernah saya bandingkan dengan majalah musik ‘t’ yang ada sekarang, Aktuil jauh lebih bervariasi isinya dan artistik selain kualitas foto dan kertas, bukan memenang-menangkan Aktuil karena saya fans nya tapi begitulah kenyataannya.

Isi majalah Aktuil cukup komplit, walau kadang-kadang ada perubahan rubrik ada Close-Up (sejak dari format kecil), Film Scene, Sorotan PH/LP/Album, International Hitparade, Hit Aktuil, Album lagu-lagu, Superstar Cabaret. London Report, Cerpen, Komidi, Show-show musik, Artis/group pendatang baru, Teen News, Fashion, Puisi, Poster, Sticker, gambar seterika, Top Album/Single, horoscope, TTS, iklan-iklan dll, Walau artikel dan ulasan-ulasannya singkat-singkat tapi enak dibaca bahkan terkadang diulang-ulang membacanya.

Waktu itu saya perhatikan lagi iklan-iklan, ilustrasi yang kadang-kadang ada di rubrik Supertar Cabaret, London Report, iklan Topsy dan lain lainnya, setelah saya teliti ternyata ada tulisan kecil ’man hs’ dibeberapa ilustrasi tersebut, rupanya bpk. ManHs yang membikin selain merancang yang lain-lainnya. Ukuran gambar-gambar ini tidak terlalu besar tapi ya buat apa besar-besar yang penting jelas, kalau mau kelihatan besar ya bisa juga di zoom pakai kaca pembesar seperti filatelis melihat perangko.

Rasanya kurang sreg melihat majalah musik sekarang ini yang berukuran cukup besar menampilkan gambar-gambar dan foto-foto ukuran besar pula (bukan pin up atau poster) dan banyak bagian-bagian kosong yang tidak perlu di foto tersebut, pemborosan halaman.

Bpk.ManHs yang pernah kuliah di fakultas Arsitektur yang biasa menggunakan garis-garis lurus ternyata bisa juga membuat gambar-gambar yang artistik, apakah ilustrasi iklan Tattoo Station dan ilustrasi di Teen News hasil karya beliau juga ? ilustrasi ini saya anggap cukup bagus seperti karikatur tapi bukan kalau karikatur bentuk anatomi, bagian-bagian tubuh dan bentuk orangnya lucu-lucu, ada yang kepala gede kakinya kecil, hidungnya sangat lebar atau mancung dll sebagainya pokoknya abnormal walaupun semua bagian tubuh lengkap.

Ilustrasi yang ada di Teen News ini cukup artistik ada gambar orang-orang dengan kostum yang lagi trend saat itu.

Beberapa karya bpk.ManHs dan beberapa ilustrasi Teen News dari majalah Aktuil akan ditampilkan. (Eddy Nasral)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: