Windyna’s Blog

‘Aktuil and My New-Act’

Posted on: July 2, 2009

Dulu hanya sebagai pembaca Aktuil/Aktuiler, setelah sekian puluh tahun berlalu, belum lama ini malah kenal dengan salah seorang yang ikut membuat/memproduksi majalah tersebut, redaksinya yang termuda yang enerjik bpk. Odang Danaatmadja orang yang paling sibuk dengan bermacam-macam tugas di dapur Aktuil ya reporter ya pewawancara ya photographer ya dalam urusan cetak mencetak yang belum secanggih sekarang dan beliau pernah juga jadi model untuk Lea jeans di majalah tersebut, luar biasa jangan-jangan ikut mendistribusikan majalah ini juga.

 Sebelumnya data pribadi bpk. Odang dan redaksi Aktuil yang lain sudah lama saya baca dirubrik ‘Who’s Who versi Aktuil Dirty Dozen + 1’ oleh Remy di majalah Aktuil No.91-1972.

Kenal sama bpk. Odang gara-gara Aktuil juga yang mana waktu itu ada rencana menerbitkan buku Aktuil , rangkuman Aktuil setebal 500 halaman yang berisi rubrik, reportase dan artikel-artikel penting dari 254 edisi yang pernah diterbitkan.

 Ada beberapa kali saya berjumpa dengan bpk. Odang di rumah bpk. ManHs (Maman H. Soemantri : ex deputy gubernur BI, juga ex redaksi majalah Aktuil) di Menteng Jakarta, kami cerita macam-macam ya tak jauh jauh cerita tentang majalah ini juga dan pengalaman-pengalaman pak Odang dulu semasa Aktuil’s glory days.

 Kalau penerbitan buku ini terlaksana alangkah menyenangkan bagi fans Aktuil membaca lagi kisah-kisah dulu dan juga bagi mereka yang ingin tahu bagaimana sih sebenarnya majalah yang ‘extraordinary’ dan banyak dibicarakan dan selalu ditunggu-tunggu terbitnya itu? apa sih keistimewaan dan seperti apa saja isinya?

Tapi sampai sekarang belum terbit, saya tidak tau pasti penyebabnya mungkin ada yang belum lengkap data-datanya atau keterbatasan tenaga yang mengolahnya. Banyak juga yang menunggu-nunggu dan bertanya-tanya karena pernah diberitakan di harian Kompas majalah Aktuil ‘will be born again’ (menurut pak Odang  bukan majalah seperti dulu tapi berupa buku ).

 Didalam buku tersebut juga akan dimuat berbagai tulisan dari orang-orang yang terlibat selama keberadaan majalah Aktuil apakah itu dari redaksinya sendiri, reporter-reporter, artis-artis dan dari berbagai kalangan lain juga dari para pembacanya supaya lebih objektif bagaimana sebenarnya pendapat/penilaian dan kesan-kesan mereka tentang majalah yang spektakuler ini.

 Sebagai salah seorang dari sekian banyak pembacanya saya juga ikut menyumbang satu artikel yang berjudul ‘The Best Indonesian Music Magazine Of The Seventies’ yang mana artikel ini akhirnya dimuat di .com oleh bpk. ManHs penggagas website tersebut.edma-a

 Walaupun website Aktuil sudah ada dan bisa menampung semua isi buku yang direncanakan terbit, menurut saya buku tersebut sebaiknya tetap ‘lahir’, terlepas jadi best seller atau tidak, sebagai pegangan, arsip/dokumentasi yang bersejarah, karena majalah Aktuil tersebut sudah jarang dimiliki orang-orang dengan lengkap dan  belum tentu juga semua penggemar dan peminatnya bisa mengakses website Aktuil tersebut.

 Gara-gara Aktuil juga yang membuat saya untuk pertama kali bisa menulis artikel walau diusia yang tidak muda lagi, mempunyai kemampuan yang baru yang belum pernah saya lakukan sebelumnya setelah dicoba ternyata bisa dan menyenangkan juga walau belum sebagus tulisan bpk. Odang dan penulis-penulis lain yang mana tulisan mereka dimuat di website ini juga.  

Artikel tersebut berdasarkan pengalaman yang dialami sendiri (kok jadinya mirip biography) sehingga tidak perlu berimajinasi seperti orang mengarang cerpen atau novel yang perlu meciptakan plot-plot, alur cerita dan tokoh-tokoh dengan bermacam-macam karakter, saya kagum dengan novelis-novelis (juga ada beberapa wanita) dengan imajinasinya bisa menciptakan banyak novel yang tebal-tebal dan cerita-cerita yang menarik yang membuat pembacanya ikut larut dan ada yang difilm kan juga.

Artikel hanya sesekali diedit karena ada bagian-bagian yang terlupakan yang belum ditulis karena kejadian-kejadian yang dialami sudah agak lama juga.

Akhirnya 17 artikel yang ada sangkut pautnya dengan Aktuil bisa saya selesaikan dalam waktu tidak terlalu lama dan saya masukkan ke blog ini.

Act : perbuatan/tidakan, (my new-act, saya artikan sendiri sebagai : kemampuan saya yang baru) yang semula hanya pembaca akhirnya bisa menulis artikel juga. Another Aktuil’s affect !. (Eddy Nasral)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: