Windyna’s Blog

‘Born Again’

Posted on: July 2, 2009

Judul artikel diatas bukan untuk membahas album dari group Black Sabbath dengan vokalis Ian Gillan ex Deep Purple atau album Rare Bird yang ada lagu hit ‘Peace of Mind’, jika ingin me ‘review’ group apa saja silahkan surfing ke www.allmusic.com/ atau ke www.rateyourmusic.com/~Eddy_Nasral dengan memasukkan nama artis atau group di search engine nya dan juga bisa melihat 20 cover Aktuil terbaik pilihan saya.

‘Born Again’ yang dimaksud disini adalah kemungkinan lahir lagi majalah musik Aktuil yang baru, dengan tetap mengusung nama besar Aktuil yang pernah menjadi majalah favorit dengan penggemar yang cukup banyak dan berjaya selama beberapa tahun yang silam.

Mungkinkah? Setelah sekian lama vacuum? Mungkin saja, apabila ada penyandang dana, mau mencobanya dan tidak takut merugi seandainya (belum tentu) gagal dalam pemasaran.

Apa isi nya bisa rubrik-rubrik seperti dulu lagi dan membahas musik khususnya rock? (dulu belum ada sebutan classic rock karena group tersebut baru muncul dan belum tergolong classic).

Bisa, karena majalah Aktuil dulu rubrik-rubriknya bagus (bisa juga dengan rubrik baru) dan dulu hanya memuat artikel pendek dan sedikit foto memperkenalkan artis dan group-group musik yang baru muncul tentu belum banyak cerita tentang mereka paling banyak 1 halaman mengenai data-data singkat personil, lagu hit atau album terbaru mereka.

Memang ada beberapa kali majalah Aktuil memuat artikel beberapa group dengan artikel yang cukup panjang tapi masih banyak juga yang belum, masih sangat banyak ‘untold story’ group classic rock (sekarang sudah bisa disebut group classic rock, tidak saja group tahun 70’an, yang muncul tahun 80’an juga sudah tergolong classic) yang belum diceritakan di majalah Aktuil apalagi group yang bertahan cukup lama di blantika musik tentu banyak pula kisahnya.

Jadi majalah Aktuil baru nanti tidak akan kekurangan bahan/sumber cerita lain tentang group-group classic rock yang hampir semua telah diperkenalkan Aktuil pada pembaca.

Masih adakah pembacanya, peminatnya? Masih (walau belum tahu seberapa besar jumlahnya), kalau majalah Aktuil yang baru bisa menghidangkan rubrik-rubrik, artikel-artikel yang menarik yang enak dibaca seperti dulu ditambah dengan berita group-group sekarang dan berita-berita yang ‘up todate’ dengan penyajian yang berbeda dari majalah-majalah musik yang ada, unik apalagi didukung oleh teknik graphic design dan percetakan yang canggih seperti sekarang ini sehingga tampilan, lay out, foto-fotonya jadi lebih menarik bukan tidak mungkin Aktuil baru akan meraih sukses pula seperti Aktuil klasik itu.

Siapakah pembacanya? Segmennya? Bisa jadi fans majalah Aktuil dulu, orang-orang yang ingin tahu dan para remaja sekarang (pangsa pasar paling besar).

Siapakah redaksinya? Bisa redaksi yang lama yang handal, banyak ide dan kreatifitas dan telah punya pengalaman banyak dengan ’jam terbang’ cukup lama, walau tidak muda lagi saya rasa mereka masih sanggup untuk beberapa tahun mendatang ditambah dengan redaksi-redaksi baru yang ’capable’ dibidang masing-masing.

Seandainya diminati dan jadi majalah favorit seperti dulu, katakanlah bisa sampai 10 tahun mendatang lagi atau 120 bulan atau 240 majalah jika setiap bulan terbit 2 edisi, dengan edisi sebajak 240 maka Aktuil tidak akan kehabisan cerita tentang group ’the sounds of the seventies’ yang jumlah sangat banyak ini bahkan ada beberapa group yang belum diberitakan Aktuil dulu ditambah lagi dengan group-group yang muncul setelah tahun 1978 (setelah Aktuil tamat), 80’s era dan berita-berita lainnya.

Kembali lagi, siapakah yang berani menjadi penyandang dananya? Siapa??? Kalau ada kita ucapkan terima kasih dan ’wellcome back Aktuil’, kalau tidak ada ‘Aktuil hanya tinggal kenangan, majalah musik yang telah menorehkan sejarah’. Ini hanya sekedar analisa dari saya pribadi seandainya Aktuil mau ’born again.’ ( Eddy Nasral)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: