Windyna’s Blog

Aktuil & Song Lyrics

Posted on: July 2, 2009

Sekarang dengan mudahnya kita bisa mendengarkan lagu-lagu yang diinginkan dimanapun berada dengan menggunakan berbagai sarana termasuk mendapatkan lirik-lirik dan chordnya.

Dulu tidak sebelum bermunculan radio-radio amatir, untuk mendengarkan lagu-lagu harus berlama-lama didepan radio yang mana stasiun radio juga belum banyak, menunggu program siaran musik nya yang tidak seberapa lama paling-paling 1 jam, untuk mendengarkan tangga lagu-lagu terbaru harus menunggu setiap akhir minggu. Sarana untuk dengar lagu ya cuma radio, bagi orang yang mampu bisa mendengarkan melalui piringan hitam tapi untuk memperolehnya pun lambat karena distribusinya belum secepat sekarang ini.

Untuk mendapatkan lirik-lirik lagu Indonesia maupun barat pun ditahun 67-75 pun sangat susah tidak seperti sekarang banyak majalah-majalah yang khusus memuat lirik lagu-lagu beserta chordnya, untung Aktuil muncul pada saat ramenya artis dan group-group musik yang sedang bermunculan dan memuat lirik-lirik lagu Indonesia dan barat terbaru yang sedang populer dan ditambah lagi dengan sedikit artikel tentang group-group tersebut. Setelah beberapa tahun kemudian baru muncul 2 majalah yang khusus memuat lirik beserta chord nya yaitu MG dan Top Chords tapi juga tak berumur lama.

Dengan adanya majalah Aktuil tersebut cukup membantu bagi penggemar musik sebelum dengar siaran radio pegang Aktuil dulu siapa tahu ada lagu yang disiarkan nanti ada liriknya dimajalah dan lagunya bisa dihapal, biasanya ada karena penyanyi dan grup-grup musik belum sebanyak sekarang ini, kolom lagu-lagu ini juga menjadi favorit banyak pembaca Aktuil.

Peran majalah Aktuil cukup besar juga bagi yang hobi dengarin musik kala itu sambil dengarin lagu dari radio bisa lihat lirik, baca berita dan juga lihat foto artisnya, lengkaplah sudah.

Lirik dari lagu-lagu Indonesia juga dimuat tapi lagu-lagunya susah ditemukan dan didengar lagi saat ini jadi tidak disebutkan judulnya karena sudah lupa, bukan anti lagu Indonesia.

Di majalah Aktuil porsi pemberitaan artis Indonesia dan barat juga cukup berimbang jadi tidak semata-mata hanya memberitakan artis atau group-group musik luar saja, show-show musik artis-artis Indonesia pun sering diberitakan termasuk artis/group-group musik pendatang baru.

Selain berusaha mengkoleksi semua lagu-lagu hit yang disukai dan pernah didengar dulu saya juga mencari dan mengkoleksi lirik-liriknya dari Aktuil dan internet dan hampir semua sudah didapat.

Adapun lagu favorit saya mungkin juga pembaca (yang hobi mendengarkan lagu-lagu pada tahun tersebut diatas pasti tahu lagu-lagu ini) dan juga merupakan lagu barat populer saat itu yang liriknya dimuat Aktuil format kecil di halaman ’International Hit Parade’ dan di format besar di halaman ’Album Lagu-Lagu Aktuil’ yang masih saya ingat (dengan tidak menyebutkan No. Majalah) beberapa diantaranya adalah :

Format kecil :

Tin Soldier, Lazy Sunday (Small Faces), I Can’t Let Maggie Go (Honeybus), beberapa lagu album Horizontal (Bee Gees), San Franciscan Night (Eric Burdon), Let Me (Paul Revere & The Raiders), Everlasting Love, Please Stay (Love Affair), Mighty Quinn, Fox On The Run (Manfred Mann), Hello I Love You (Doors), Somebody To Love (Jefferson Airplane), Race With The Devil (Gun), Night In White Satin (Moody Blues), I’ll Wait (October Cherrish), That’s The Way God Planned It (Billy Preston), Valleri, Mary Mary (Monkees), Last Time, No Expectation (Rolling Stones), Hey Jude, Rain (Beatles), Fire Brigade (Move), Waterloo Sunset (Kinks), Wrist Job (Humble Pie), Seventeen Ain’t Young (Archies), So You Want To Be A Rock ‘n Roll Star (The Byrds) dll.

Format besar :

What’s Going On (Taste), Just As I am (Strollers), Thursday Night (Cuby+Blizzards), lirik semua lagu album E Pluribus Funk (Grand Funk), beberapa lirik lagu album Together (Golden Earring), No Sugar Tonight (Guess Who), Fool (Blue Cheer), lirik semua lagu album ‘Look At Yourself’ (Uriah Heep), Aqualung, Locomotive Breath (Jethro Tull), Love Like A Man (Ten Years After) dll.

Lagu-lagu tersebut diatas beserta liriknya sekarang mudah didapatkan, kecuali mungkin lagu dan lirik ‘Just As I am’ oleh The Strollers, lagu ini ada di EP (extended play) piringan hitam kecil 7” yang berisi 4 lagu dan ada juga dikaset kompilasi yang direkam oleh perusahaan yang tidak terkenal, CD nya belum ada. Lirik lagu ‘Just As I am’ yang difoto dari majalah Aktuil ditampilkan (Eddy Nasral)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: