Windyna’s Blog

Oldskul

Posted on: March 17, 2012

Sewaktu masih menjadi karyawan dari sebuah BUMN, berangkat kerja sering lewat di depan gedung ex SMAN 15 bagunan 3 lantai yang terletak di Jl. Gunung Sahari Raya No. 81 Jakarta Pusat dimana dulu pernah bersekolah pada kurun waktu 1969 -1971 (era radio2 amatir dan mulainya lagu2 hard rock berkumandang). Bangunan cukup tua yang dibangun tahun 1955 tersebut sekarang masih berdiri kokoh dengan beberapa kali pergantian cat, pernah di cat dengan warna biru muda dan saat ini tembok  nya baru di cat dengan warna krem dan kusen2 dengan warna coklat, dulu cat tembok nya warna putih. Konon bagunan ini adalah ex sekolah Cina yang diambil alih oleh Kappi/Kami pada waktu peristiwa G30S/PKI dan sempat dijadikan markas/asrama oleh  anggota Kappi/Kami  tersebut.

Bentuk bangunan tidak ada yang diubah/direnovasi, masih asli cuma lapangan basket yang ada didepan sekolah sudah tidak ada lagi karena pelebaran jalan, dulu jalan Gunung Sahari satu jalur sekarang dua dan ada jalur busway juga.  Bagunan ini sekarang dipakai oleh SMPN 93 sedangkan SMAN 15 sejak tahun 1972 pindah ke Ancol Jakarta Utara.

Setiap kali liwat didepan sekolah ini selalu memandang ke arah bagunan tersebut, banyak kenangan selama 3 tahun bersekolah disana, suka terbayang kejadian2 dan wajah teman2 dulu, siswa2 nya sebagian besar bertempat tinggal di wilayah Kemayoran dan beberapa dari komplek Siliwangi yang tidak seberapa jauh dari lokasi SMAN 15. Sekolah ini juga berdekatan dengan SMAN 1 (sore nya dipakai SMAN 5) dan STMN 1 di Jalan Budi Utomo dan Lapangan Banteng yang kala itu ada terminal nya. Sesekali pulang sekolah duduk2 dulu bersama teman2 di taman lapangan Banteng didekat terminal bis jurusan keluar kota. Kadang2 lihat majalah2 di lapak2 yang ada disekitar terminal dan memantau apakah majalah musik Aktuil terbaru sudah terbit ada juga lapak yang menjual  majalah musik bekas berbahasa Belanda yang saat itu lagi digemari juga walau tidak bisa membacanya hanya untuk diambil foto2 grup2 musik yang ada dalam majalah tersebut, namanya Pop Foto dan Muziek Ekpress.

Masih tegas terbayang beberapa wajah teman2  dulu karena bergaul cukup lama dan masih ingat beberapa nama2 mereka diantara nya, Bambang (pernah kerumah nya tahun 2000), Rudi (pernah ketemu dan makan di rumah makan Surya, Pasar Baru sebelum nonton konser Deep Purple hari kedua tahun 1975), Ferry (pernah ketemu tahun 70an di Cempaka Putih), Ibnu Rifa (kerumah nya tahun 70an di Kebon Kosong), Wardji (pernah ketemu  di Terminal Grogol), Jamil Rembah (pernah ketemu di bis), Wartono, Roy, Bahruddin, Paul, Julius, Toto, Djumhana, Tek Min, John, Sri, Ida, Norma, Anneke, Darti, Tati, Nurdawisa, Agustina, Rusmiati (pernah diketemukan sama Winancy dan diajak makan bersama  direstoran mewah di kawasan Kuningan Jakarta, Rusmiati adalah teman akrab Winancy sejak SMA dan istri dari seorang pejabat BI) dan terakhir Winancy, cewe paling ayu se SMAN 15 dulu dan pernah beberapa kali bertemu di  gedung Menara Imperium Kuningan  Jakarta dan dia masih terlihat cantik walau sudah tidak muda lagi.

Sudah dua kali menyempatkan diri untuk berkunjung ke gedung ex SMAN 15 tersebut  melihat2 seluruh bangunan mulai dari depan sampai ke belakang, kelantai dua tapi tidak bisa naik kelantai 3 karena pintu naik di kunci, lantai 3 ini berbentuk  lapangan dan dipergunakan untuk upacara setiap hari Senin.

Waktu kunjungan kedua kemaren ini  sengaja bawa kamera untuk memotret  bangunan dan beberapa bagian sekolah tersebut  untuk dokumentasi dan kenang2an. Memotret beberapa sudut, kelas2 dulu, tempat duduk2 bersama teman2 pada waktu jam istirahat, tangga belakang, lorong2 dll.

Kunjungan ke SMPN 1 Padang  tempat bersekolah dulu juga dilakukan biasanya setiap pulang ke kampung, bangunan yang didirikan sejak zaman Belanda ini ini juga masih asli dan kokoh cuma atap dan beberapa bagian lantai yang diganti.

Kenangan2 masa sekolah menyenangkan walau pun ada juga yang kurang/tidak menyenangkan tapi saya setuju dengan satu judul lagu  ‘even the bad times are good’.

Jika kita mengingat masa2 dulu waktu dan saat ini alangkah cepat waktu berlalu, benar seperti firman Allah dalam Al Quran  ‘waktu hidup di dunia tak ubahnya seperti dari pagi sampai petang’, sangat singkat.ImageImage

2 Responses to "Oldskul"

ass.wr.wb,
siang bang nasral ..,
sayang saya baru menemukan beberapa artikel hari ini, saya sangat tertarik dengan info CD DarPus yang beredar di Eropa, bagaimana saya bisa ikut mendapatkan ya ?
trim;s bang mohon kalo ada jawaban langsung saja ke bassbetot2000@yahoo.com
wass.

Assalam wr wb,
3 CD Darpus tsb adalah rekaman bootleg (tdk resmi) sewaktu Darpus show do eropa dulu, sy juga dpt kopian dr teman, gimana ya kata nya tdk boleh di gandakan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: