Windyna’s Blog

‘Perjalanan panjang menemukan sebuah lagu’

Posted on: June 28, 2012

Lagu yang berjudul Babe I’m Gonna Leave You oleh Led Zeppelin yang saya posting di sebuah grup musik facebook di komentari oleh seorang teman, ada yang versi Rob Hoeke gak? Ingatan saya jadi melompat mundur ke tahun 1970 saat pertama kali mendengar kan lagu versi itu dari radio amatir di Jakarta dulu tapi belum tau nama grup yang membawakan nya.

Kala itu radio2 amatir sedang menjamur entah berapa ratus jumlahnya, mereka berlomba lomba menyiarkan lagu2/group2 baru yg baru muncul, kebanyakan lagu2 hard rock yang lagi musim. Tapi lagu versi ini tidak banyak radio amatir yang memutar nya mungkin groupnya tidak populer dan piringan hitam nya tidak banyak beredar tapi menurut saya untuk ukuran tahun 70an lagu ini termasuk sedap, saya menyukai lagu bluesrock ini. Belakangan saya ketahui lagu ini malah rekaman tahun 1969.

Tidak sering mendengarkan lagu ini cuma beberapa kali saja terkadang sepotong tidak dari awal lagu, sayangnya penyiar radio tidak menyebutkan siapa yang membawakan nya. Sewaktu kaset tanpa lisensi lagi booming sekitar akhir tahun 70an coba cari di toko2 kaset, biasanya di Duta Suara dan beberapa toko kaset di Aldiron Plaza blok M Jkt dan sekitar nya. Setiap kali ke toko kaset biasanya beli beberapa kaset setelah didengar melalui tape deck dan headphone yang disediakan pemilik toko, disamping itu ada kesempatan pula dengan leluasa melihat kaset2 lain dan mengambil nya dari rak pajangan hanya untuk melihat judul lagu yang tertera didalam sampul kalau2 lagu yang dicari itu ada tapi belum ditemukan.

Di pertengahan tahun 1990 setelah dapat info dari teman bahwa di Jatinegara banyak pedagang kaset bekas lalu  berkunjung cari kesana sekalian lihat kaset2 lainnya, masih juga lagu ini belum ditemukan. Karena kunjungan ke Jatinegara agak sering akhirnya berkenalan dengan beberapa orang yang sering kongkow2 disana yang juga hobi koleksi musik dan sekarang sebagian dari mereka ada di grup fb ini.

Diantara teman2 yang datang dan pergi silih berganti ada yang rutin berkunjung kesana biasa nya hari Sabtu atau Minggu adalah Sam Pontoh (alm). Sam teman yang humble, friendly, menyenangkan dan selalu terlihat happy, banyak senyum walau kurang sehat, saya dan Sam cepat akrab dan selera musik kami hampir sama, suka lagu2 jadul pop maupun rock sering bagi informasi tentang lagu2 yg pernah hit atau lagu2 enak lainnya apakah sudah punya atau belum kadang2 kami barter kaset atau ph (piringan hitam). Saya lupa berapa jumlah kaset hasil barter dengan Sam, yang masih ingat dan disimpan sampai sekarang 2 kaset rekaman Lolita, group Tea (s/t album) dengan hit nya Hazy Colour (ada di youtube) dan album The Ship dari saya Sam dapat kira 20 ph group yang bagus2 dengan kondisi ph dan cover nya mulus/mint, saya barter karena punya double. tea kaset

CD (compact disc) sudah masuk pasar Indonesia beberapa tahun silam dan setahu saya hanya cd rekaman Repertoire (made in Germany) yang banyak merekam group2 classic rock, saya melihat nya di ruangan khusus lantai dua toko musik Duta Suara Jl. Agus Salim (Sabang) Jkt, harga nya Rp 40 ribu/cd bagi saya masih tergolong mahal. Setiap berkunjung kesana hanya melihat judul lagu dibelakang cover cd2 classic rock tersebut, siapa tau lagu yang dicari itu ada tapi ternyata tidak ada juga seandainya ada dan benar lagu yang dicari setelah di test tentunya, pasti saya beli juga itu cd walau waktu itu masih fokus ke koleksi kaset dan ph.

Kembali ke cerita Sam, Sam rajin cari2 kaset,cd maupun ph yang disukainya ke-mana2 dan dia pernah bilang kalau adik perempuannya keluar negeri dikasi catatan cd dan ph minta di carikan, cuma adik nya sedikit kesulitan menemukan toko musik yang lengkap untuk mendapatkan cd atau ph group2 yang ga begitu populer/langka yang digemari nya juga. O ya Sam juga seorang vokalis dari Cocktail band dan pernah merekam satu kaset, kaset itu pernah dipinjamkankan ke saya.

Kalau Sam dapat kaset atau cd yang bagus sering diperlihatkan dan diperdengarkan ke saya melalui walkman atau discman yang dibawanya. Sam benar2 pecinta lagu/musik sejati, pikirannya mungkin didominasi musik, setiap ketemu pokok pembicaraan selalu musik pernah saya besuk Sam sewaktu dirawat di rumah sakit MMC Jkt dia masih kelihatan ceria tidak seperti orang yang lagi sakit, tidak ada cerita tentang sakitnya, disampingnya ada discman dan beberapa cd classic rock diantaranya cd group Beefeater yang baru didapatnya, dia kasi dengar juga ke saya pada saat itu. Sepertinya musik harus menemani Sam dimanapun berada.

Tapi saya belum tanyakan lagu yang saya cari ini ke Sam walaupun dia vokalis band dan banyak tau lagu2 seventies karena saya pikir dia tak akan tau karena usia Sam lebih muda 5 tahun dari saya berarti tahun 1970 dia baru berusia 12 tahun, masih SD, ga mungkin dia pernah dengar lagu yang ga populer ini.

Setelah beberapa lama akhirnya saya coba tanya juga ke Sam, ‘Apa pernah dengar lagu Babe I’m Gonna Leave You yg bukan versi Led Zeppelin, Sam? Tanpa diduga dia bilang ‘pernah’ sembari mengacungkan jempol nya, ‘sedap mas Eddy ada flute nya kalau yg versi Led Zeppelin kan agak keras’ kata Sam seraya menyenandungkan sebaris lagu ini, I ain’t joking woman I got a ramble, I really got a ramble…

Saya pikir mungkin Sam benar ini lagu versi yang saya maksud karena dia bilang ada flute nya seingat saya memang ada suara flute di lagu ini, lagu tradisional ini juga dibawakan juga oleh beberapa artis lain. Yang membuat saya terkejut, Sam bilang, ‘saya punya lagunya di kaset blues kompilasi kalau mas Eddy mau nanti saya kasi kopian nya’, saya berharap ini lah lagu yg saya cari puluhan tahun lamanya.

Beberapa hari kemudian Sam kasi ke saya itu kaset, gambar sampul nya berjudul Blues at Midnight, lagu nya ada di side A yg bawain Rob Hocker+B Group, setelah dicoba ternyata benar lagu yg pernah saya dengar dulu berarti setelah ± 30 tahun saya baru bisa mendengarkan lagu ini lagi alangkah senangnya dapat kaset ini walau hasil kopian peristiwa ini terjadi sekitar tahun 2000. Tapi saya yakin Sam tidak mendengar lagu ini diawal 70an tapi dari kaset kompilasi Blues at Midnight produksi tahun 75 tersebut yang masih bisa diperoleh nya karena dia rajin cari kaset2 jadul, rupa nya ada juga perusahaan rekaman kaset Indonesia yang merekam lagu itu. cover kaset

Sebagian besar artis/grup2 60an dan 70an sedikit banyak saya sudah tau kisah mereka juga nama2, wajah2 personil nya minimal tau nama grup nya saja, ya dari majalah musik Aktuil dan Top dulu. Tapi dari sekian banyak majalah musik yang pernah saya baca itu nama grup ini tidak pernah disebut sebut sama sekali. Jadi ingin tau siapa2 saja personil dan alat musik yang dimainkan masing2 personil terutama nama vokalis nya dan mana yang lebih dulu bawain lagu ini, Led Zeppelin atau grup ini? Kebetulan di kantor sudah pasang internet dan mudah mendapatkan berbagai info, saya ingin memantau group ini melalui search engine, ingin tau history nya.

Saya masukkan judul lagunya di search engine yang tampil Led Zeppelin atau artis lain lalu coba masukkan nama group nya Rob Hocker+B Group dan judul lagu sekaligus yang tampil not found setelah beberapa lama nyari2 akhir nya ketemu juga di situs http://www.alexgitlin.com/hoeke.htm , nama nya bukan Rob Hocker tapi Rob Hoeke dan dia cukup terkenal di Belanda sebagai seorang musisi/pianist dan grupnya diberi nama the rob hoeke r+b group kemudian jadi Rob Hoeke Rhythm & Blues Group dengan genre musik rhythm & blues dan boogie woogie. Rupanya tulisan di kaset blues kompilasi itu salah.

Setelah dapat info yang akurat, lalu coba browsing  cd atau piringan hitam (ph) nya di eBay, kalo harga nya murah ingin punya juga cd/ph nya karena rekaman kopian dari kaset lama ini kurang bagus, kaset aslinya direkam oleh produser kaset yg tidak terkenal dan bukan pakai pita Maxell yang tahan puluhan tahun dengan kwalitas suara tetap prima. Ternyata di eBay ada 2 seller yang jual, triple cd kompilasi dari beberapa singles Rob Hoeke dengan judul CD nya Singles A’s & B’s juga PH single nya ada tapi harga cd dan ph nya yg cuma dua lagu itu cukup mahal jadi keinginan untuk nge ‘bid’ tunda dulu. Harga triple cd nya $15 sedang kan ph single nya lebih mahal yaitu $25 plus ongkos kirim, mungkin termasuk ph single rare/langka karena hanya satu seller yang jual. rob-h

Yang bikin surprise di rekaman ph single Rob Hoeke tahun 1969 ini di side 1 nya ternyata lagu yg  pernah saya dengar juga dulu dan cukup sedap berjudul ‘Doublecross Woman’. Dipertengahan lagu ini lirik nya dibaca (spoken) seperti puisi seperti di lagu Legend of Xanadu (Dave Dee cs). Tidak tau sebelum nya jika lagu Doublecross Woman ini yang bawain Rob Hoeke juga (ada di youtube) dan seperti nya lagu ini yang jadi unggulan/diharapkan jadi lagu hit karena ada di side 1 di ph single (7”/45 rpm) tsb sedangkan lagu Babe I Wanna Leave You di side 2 (belum ada di youtube).

Yang benar2 bikin surprise setelah beberapa tahun rekaman ph single Rob Hoeke seperti yg saya lihat di eBay itu dapat saya peroleh di Jl.Surabaya Jkt 2 buah sekaligus dalam keadan kondisi cukup mulus dengan harga reasonable pula, kepuasan yang tak terlukiskan bisa mendapatkan single lagu langka ini. Bersama single ini juga saya peroleh beberapa ph single hits lain diantara nya lagu Remember My Friend (Golden Earring), Give Me Something (Troggs), Just As I am (Strollers), Hasn’t The Lord Blessed Us (Raymond Froggatt). Saya ingin coba upload lagu Babe I Wanna Leave You ini ke youtube tapi belum tau cara nya, sepertinya PH tsb harus direkam ke cd dengan format mp3.

Ada beberapa lagu favorit jadul yg cukup lama saya peroleh diantaranya : Sunflower Eyes (Casuals), Give Me Something (Troggs), Just As I am (Stroller), Mother Dear (Barclay James Harvest), This Is The Time of The Year (Golden Earring), Baby I Know (Love Affair), Sea of Delight (Brainbox), Wrong Side of The River (Mott The Hoople).

Saya rasa hunting lagu2 sudah/hampir selesai karena hampir semua lagu2 favorit jadul tahun 60an dan 70an yang pernah saya dengar dulu maupun lagu2 jadul yang belum/luput didengar, lumayan banyak sudah dikoleksi. Ya zaman sudah berubah, serba cepat, kini lebih mudah mencari atau membeli nya secara online tanpa pergi kemana-mana tapi tidak beberapa puluh tahun lalu sebelum ada cd, internet, ebay atau youtube.

Demikianlah sekelumit cerita kenangan dengan Sam Pontoh (alm) dalam perjalanan panjang menemukan satu lagu favorit, mungkin teman2 juga punya real story lain yang lebih seru dan mencekam yang bisa di share, misal nya ‘perjalanan panjang/singkat menemukan kekasih’ atau yang lain nya…hehehe.

Salam,

Eddy Nasral

Note :

** Pada bulan Februari 2013 akhirnya lagu  Babe I Wanna Leave You dan beberapa lagu lainnya berhasil saya upload ke youtube dengan link :

Berarti ± 45 tahun setelah dirilis (1969) atau ± 44 tahun sejak saya pertama kali dengar lagu ini (1970) akhir nya lagu Babe, I Wanna Leave You ini bisa berkumandang di youtube dan bisa di unduh jika berminat.

Beberapa waktu silam saya dapat info, piringan hitam single ini direkam September 1969, berarti Led Zeppelin lebih dulu membawakan lagu ini dengan versi berbeda di album pertama mereka yang diluncurkan awal tahun 1969, dan juga dapat foto Rob Hoeke R&B Group dan nama2 anggota dan serta instrument musik yang dimainkan seperti tertera dibawah ini, hampir terjawab sudah a group behind this song, yang belum terjawab karena ada dua orang vokalis, siapa yang melantunkan lagu Babe I Wanna Leave You ini apakah Will de Meijer atau Willem Schoone, tapi sepertinya Will de Meijer karena menurut saya lebih banyak leadguitarist yang merangkap juga sebagai leadvocalist di group2 musik dibanding dengan seorang bassist.

rh dari kiri : Jaap-Jan Schermer (drums), Rob Hoeke (piano, flute), Jan Vennik (keyboard), Will de Meijer (leadguitar, vocal), Willem Schoone (bass, vocal).

 

 

 

 

** Tulisan ini sudah pernah diposting lebih setahun lalu di salah satu group musik fb Jatinegara Classic Rock,  personal dokumen di fb dan di  blog : http://www.windyna.wordpress.com  di blog ini juga ada beberapa tulisan saya tentang majalah Aktuil yang pernah di posting di website Aktuilista yang digagas oleh bpk. Maman Soemantri (mantan pimpinan redaksi majalah Aktuil dan Deputi Gubernur BI) beberapa tahun lalu, tapi sayang website tersebut tidak jadi diteruskan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: